Jurnal Pendidikan

Kiat Sukses PLPG 2016

Persiapan Mengkuit PLPG

Mengingat pengalaman dari tahun - tahun sebelum nya, ada beberapa peserta PLPG yang mengalami kesulitan dalam kegiatan, bahkan ada yang jatuh sakit, dan bahkan ada juga yang sampai meninggal dunia, bukan ingin menakut nakuti tapi disini ingin kami sampaikan bahwa peserta yang meninggal tersebut karena penyakit menahun yang sudah dideritanya, dan peserta yang mengalami kesulitan, karena kekurangan alat maupun bahan yang di perlukan untuk kegiatan. Artinya apa ?
Artinya kesulitan dan kegagalan peserta murni dikarenakan kurangnya persiapan dari peserta, termasuk persiapan kesehatan, atau dalam hal ini peserta yang mengikuti PLPG tidak dalam kondisi yang benar - benar sehat. Karena itu sangat disarankan agar peserta PLPG menjaga kesehatan nya.



Selain persiapan fisik dan mental, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan PLPG berikut ini ulasannya. 

Persiapkanlah segala sesuatunya seperti pada saat Anda mengikuti workshop, pelatihan, atau sejenisnya. Bawalah peralatan dan bahan sebagai berikut: 

1. Notebook atau laptop ( ingat, jangan bawa desktop ya karena jelas akan sangat ribet). 
2. Persiapkan soft file penting seperti materi modul PLPG sesuai dengan bidang studi Anda dan               berkas-berkas elektronik lainnya.
3. Alat tulis seperti buku, pensil, penghapus, kertas kosong ukuran kwarto atau folio, kertas kosong         bergaris, dan peralatan tulis menulis lain yang difikir perlu. 
4. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus. dan hal lain yang dirasa perlu. 
5. Siapkanlah contoh penelitian tindakan kelas (PTK), karena dari pengalaman yang lalu, akan ada         materi tentangnya dan ada tugas menulisnya juga.

TIPS SAAT MENGIKUTI PELAKSAN PLPG

1. Persiapan Fisik Maupun Psikis.

Hal pertama adalah persiapan fisik maupun psikis. Jagalah kesehatan selalu. Berolahraga secara teratur, atur asupan supaya tubuh tetap bugar. Secara psikis, tenangkanlah pikiran Anda, mintalah doa restu pada orang tua jika masih ada, minta restu juga pada pasangan Anda. Bangkitkanlah energi positif supaya pasangan Anda selalu memberi support. Beri pengertian kepada putra-putri Anda jika Anda akan menjalani proses yang mengharuskan keterpisahan fisik selama beberapa minggu. 

2. Ketertiban dan Keteraturan Pada Saat Anda Menjalani PLPG

Hal selanjutnya adalah mengenai ketertiban dan keteraturan pada saat Anda menjalani PLPG. Ikutilah semua aktivitas sesuai jadwal dan jangan sampai terlewat dalam mengerjakan tugas ya. Selesaikanlah tugas sesuai dengan kemampuan Anda semaksimal mungkin (jangan paksa terlalu dalam ya, ingat selalu kesehatan, istirahatlah yang cukup). Nantinya, PLPG ada session praktiknya. Usahakan untuk mengikuti praktik dengan sebaik mungkin Jadilah aktif di dalam kelas! Mungkin hal ini akan sedikit menjadi kendala bagi Anda yang berkarakter pendiam dan cenderung pasif. Paksa diri Anda untuk menjadi lebih "agresif" namun sesuai koridor. Aktif bertanya dan menjawab tentu saja akan menambah nilai plus dan kesan yang positif pada diri Anda. 

3. Jalin Hubungan yang Baik Dengan Rekan

Selanjutnya adalah masalah berhubungan dengan rekan Anda sesama peserta PLPG. Menyatulah dengan mereka. Temukan chemistry dan sebisa mungkin hindarilah konflik personal dengan mereka. Buat diri Anda senyaman mungkin. Bahkan dari beberapa pengalaman, ada dari peserta yang bahkan menganggap rekan mereka dari luar kota sebagai "saudara baru." Dan wajib diingat juga, ada juga nanti evaluasi dari rekan Anda juga lho! Jauhkanlah sikap dan sifat inferior. Janganlah berendah diri. Asumsikan saja bahwa potensi mereka sama saja dengan Anda. Ini kami kira penting untuk menumbuhkan self-confidence atau rasa percaya diri Anda. Berilah impresi atau kesan yang baik dan positif kepada instruktur. Jangan menjadi terlalu frontal dan jangan pula "mengkultuskan" instruktur. Ingat, mereka masih tetap manusia. Masih makan nasi juga....hehehe. Perlu diingat juga bahwa mereka adalah pembimbing kita bukan penghakim.

Demikian beberapa kiat yang perlu kita perhatikan sebagai peserta pelatihan PLPG 2016, semoga bermanfaat.

sebagai informasi tambahan mengingat maraknya penipuan melalui seluler dengan modus  ingin membantu untuk meluluskan Diklat PLPG dengan cara instant, tentu saja korban disuruh membayar sejumlah uang, dan pelaku biasanya mengatas namakan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, LPMP. Kami sangat wanti - wanti agar tidak mudah percaya. Perlu disadari bahwa Penjaringan Sertifikasi Guru 2016 ini sudah tersistematis dengan sangat baik oleh kemendikbud. Sistem secara terpusat di Kemendikbud dan alur data diproses secara Online, jadi sangat kecil kemungkinan adanya jalan pintas untuk mendapatkan kelulusan diklat dengan cara instant.


referensi : http://www.informasiguru.com/2016/05/PERSIAPAN-PLPG.html

lihat juga :



Labels: plpg, Sertifikasi Guru

Thanks for reading Kiat Sukses PLPG 2016. Please share...!

0 Comment for "Kiat Sukses PLPG 2016"

Back To Top